Ujung Jabung Merupakan Mimpi yang jadi nyata


JAMBI - Sungai Itik Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Humas Provinsi Jambi) - Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) mengatakan, hasil kerja keras Pemerintah Provinsi Jambi dan para Gubernur terdahulu baru sekarang bisa menjadi kenyataan. apa yang diharapkan Masyarakat Provinsi Jambi Khususnya masyarakat ujung jabung, bagaikan Mimpi jadi kenyataan, hal demikian dikatakannya, Saat Ground Breaking Pembangunan Pelabuhan Laut Ujung Jabung oleh Gubernur Jambi dan Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI Ir. Adolf R Tambunan bertempat di-Sungai Itik Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kamis (20-11).

Gubernur jambi dalam sambutannya menyampaikan, perencanaan pelabuhan ujung jabung ini sudah dipikirkan dan diperjuangkan dari Zaman Gubernur sebelumnya yaitu," Bapak Mashun sofoan, Abdurrahman soyoeti dan Zulkifli Nurdin, dari perjuangan inilah terus Kita lakukan dengan bantuan teman-teman anggota DPR RI dapil jambi serta putra jambi yang berada dijakarta, ini terus dilakukan pembicaraan, sehingga terwujudnya Pemandangan Tiang pertama Pembangunannya hari ini," ujar HBA.
Dikatakan HBA, Jambi tidak akan mukin maju dan tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, tampa adanya pelabuhan samudera.

Gubernur juga mengatakan, dalam upaya merealisasikan pembangunan pelabuhan ujung jabung, pemerintah provinsi jambi telah membebaskan lebih kurang 100 ha dari 200 ha lahan untuk kawasan pelabuhan ujung jabung," disamping pemerintah Kabupaten turut membantu pembebasan lahan juga untuk akses jalan kepelabuhan masih dalam proses penyelesaian, disamping itu secara simultan juga dilakukan pembukaan dan pembangunan jalan akses sepanjang 43 Km dari desa simpang menuju ujung jabung," jelas Gubernur.

Selain itu Gubernur juga menjelaskan, ujung jabung juga akan menjadi bagian integral dari upaya pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros Maritim dunia." Letak pelabuhan ujung jabung yang sangat strategis menghadap laut cina selatan, berada dalam jalur laut kepulauan indonesia 1 dan jalur perdaganga internasional di kawasan segitiga pertumbuhan dunia, bersama pelabuhan-pelabuhan lainnya dipesisir sumatra, akan menjadi salah satu kekuatan utama dalam pengembangan poros maritim, khususnya di wilayah barat Indonesia." jelas Gubernur
Ditambahkan Gubernur HBA, disamping pembangunan pelabuhan ujung jabung juga akan dibangun Pabrik besi baja yang ada diujung jabung dengan telah ditelitinya sumber besi yang berkerja sama dari Beijing RRC Fuhai Group.

Sementara Itu Direktur Pelabuhan dan Pengerukan dinjen Perhubungan Laut RI Ir. Adolf R Tambunan menyampaikan, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, pemerintah perlu mengembangkan jalur perekonomian bagi masyarakat dengan cara membuka akses baru pelabuhan ujung jabung yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi diprovinsi jambi. Disamping itu pemerintah Pusat telah siap membantu Pembangunan ujung jabung.

Pada kesempatan yang sama Bupati Tanjung Jabung Timur H. Zumi Zola Zulkifli Menyampaikan. Masyrakat ujung jabung sudah lama sekali mendambakan pelabuhan yang akan dibangun, diharapkan bisa merubah perekonomian masyrakat, bisa lebih baik lagi. Disamping pemerintah Kabupaten Tanjung jabung timur sangat mendukung penuh pembangunan samudra ujung jabung.
Dikatakan Bupati Kabupaten Tanjab tim telah mencadangkan 4200 hektar lahan, yang termasuk pembangunan listrik dan jembatan nipah panjang dan sadu.

Usai pembukaan dilanjutkan Peninjauan Lokasi Pembangunan Pelabuhan ujung jabung dan Penyerahan Pemotongan kerbau kepada Tokoh Masyarakat Desa sungai itik.

Turut serta pada kesempatan Ini Anggota Forkompimda Provinsi Jambi Kepala Dinas Provinsi Jambi Yang terkait, sekda Kabupaten Tanjung Jabung Timur Sudirman, anggota Forkompimda Kabupaten Tanjung Jabung Timur para Kepala SKPD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Camat, serta Para tokoh masyarakat dan para undangan lainnya.(*)

Sumber : jambiprov.go.id
Moehardian

Translate